Tomat Gurita, Pohon Tomat Dengan Buah Terbanyak

 on Sunday, September 18, 2016  


“Octopus Tomato Trees”  Tomat gurita yang sanggup menghasilkan 14.000 buah perpohon.

Pohon tomat gurita (octopus tomatoes) ini telah tercatat dalam Guiness Book of Record sebagai tanaman tomat yang buahnya paling banyak dipanen dalam satu pohon. Tanaman ini berada di Epcot Science Project (The Land pavilion)  yang merupakan dioperasikan oleh Walt Disney World Company di Lake Buena Vista, Florida, USA.  Lihatlah gambar gambar dibawah ini. Sangat luar biasa..mestinya menjadi fenomena. Sulur sulurnya membentuk sebuah payung seluas 50 meter persegi. Dengan buah menggantung disana sini.

Tidak banyak informasi yang bisa digali dari keberadaan tanaman ini. Rumor yang banyak beredar, mengatakan tanaman ini berasal dari Beijing China, dibawa ke pavilion The Land Epcot oleh managernya bernama Yong Huang. Ia membawa beberapa butir benih tomat ini, kemudian ditanam di kebun yang luas, dan dirawat oleh timnya dengan baik sehingga tumbuh seperti sekarang. 

Pihak The Land sendiri mengklaim tanaman tomat ini adalah tanaman heirloom (tanaman asli yang memiliki keturunan stabil). Artinya siapapun yang menanam benih tanaman ini, akan tumbuh seperti indukannya. Mereka menyatakan tanaman ini bukan hasil rekayasa genetik atau yang lebih dikenal dengan GMO (genetically modified organism), bukan pula hibrida (hasil kawin silang).

Yang jelas, bila anda berwisata ke Epcot, dan mengunjungi The Land pavilion, anda akan melihat tanaman ini, dan akan mendapatkan souvenir berupa benih asli dari pohon ini. Nah...dari sinilah kemudian perdebatan berlanjut. Sudah banyak orang yang mendapatkan benih pohon ini, dan sudah mereka tanam. Tetapi hasilnya adalah tanaman tomat cherry biasa. banyak juga yang menjual bibit asli tomat gurita ini di eBay dengan harga mahal. 

Maka berbagai dugaan pun mengemuka. Situs situs berbahasa China berteriak bahwa tanaman tomat gurita itu tidak lain adalah hybrid F1 octopus tomatoes yang memang diproduksi dan dijual di China. Kata hybrid menunjukkan tanaman ini adalah hasil kawin silang dari dua tanaman unggul. Kata F1 menunjukkan bahwa benih yang diambil berasal dari turunan pertama (tanaman dikawinkan, kemudian berbuah, kemudian diambil benihnya dan ditanam lagi, dan diambil benihnya). 

Namun tanaman hybrid F1 octopus tomatoes ini tidak menghasilkan pohon tomat yang tumbuh meraksasa seperti itu. Maka muncul dugaan lagi bahwa sebenarnya pohon pohon tomat ini tidak ditanam ditanah, melainkan dirawat secara hidroponik. Mereka memiliki pupuk khusus yang menyebabkan tanaman tumbuh besar. Jadi kuncinya ada di pupuk. Diduga, pot pot yang terlihat melindungi tanaman, sebenarnya hanyalah hiasan saja. Didalam pot itu sebenarnya adalah sebuah kontainer nutrisi hidroponik.

Apapun dugaan dugaan itu, yang jelas tanaman ini ada di Epcot, dan mungkin tidak akan anda temukan ditempat tempat lain. 

Berikut ini beberapa foto dan video tomat gurita 









Berikut ini video tomat gurita :

Sumber :


Tomat Gurita, Pohon Tomat Dengan Buah Terbanyak 4.5 5 subhan Sunday, September 18, 2016 “Octopus Tomato Trees”  Tomat gurita yang sanggup menghasilkan 14.000 buah perpohon. Pohon tomat gurita (octopus tomatoes) ini tela...


2 comments:

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Trending

Pages

Blog Indonesia