Search This Blog

Doa Untuk Memulai Aktifitas Menanam (Nandur Nandur)

 on Friday, September 20, 2024  



Jangan lupa berdo'a sebelum menanam !

Berdoa sebelum menanam bisa dianggap penting tergantung pada keyakinan dan pandangan spiritual seseorang. Dalam banyak tradisi, berdoa sebelum melakukan aktivitas tertentu, termasuk menanam, dianggap sebagai cara untuk meminta berkah, kelancaran, dan kesuburan tanaman. Doa sebelum menanam juga bisa dianggap sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan serta penghargaan terhadap proses alam yang berperan dalam pertumbuhan tanaman.

Saya tidak tahu, apakah ada doa formal sebelum menanam yang diajarkan dalam agama agama Kristen, Hindu dan Budha. Namun pasti mereka diajarkan mengucapkan doa-doa universal untuk kesejahteraan semua makhluk, yang juga bisa dihubungkan dengan aktivitas menanam, memohon berkat Tuhan atas pekerjaan mereka, termasuk pertanian. 
Mungkin juga ada ritual atau meditasi yang dilakukan, untuk memohon berkah dalam pertanian dan kesuburan tanah. dan mengamalkan rasa hormat kepada alam dan semua makhluk hidup. 

Untuk muslim, berdo'a untuk memulai segala sesuatu yang baik adalah suatu kelaziman. Minimal membaca bismillahirrahmanirrahim (dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang) sebelum memulai pekerjaan. 
Untuk do'a menanam secara khusus, ada hadis yang mengajarkan itu. Ada juga untaian doa yang diajarkan oleh ulama. Bukan doa formal dari Al Qur'an atau Hadis, tetapi  berdasarkan pengetahuan yang dibukakan Allah kepada mereka. . 

Berikut ini  do'a sebelum aktifitas menanam yang berasal dari hadis nabi Muhammad SAW. :

Do'a Dari Hadis Nabi : 


 عَنْ جَابِرٍ مَرْفُوْعًا: " مَنْ غَرَسَ يَوْمَ اْلأَرْبِعَاءِ فَقَالَ: سُبْحَانَ الْبَاعِثِ الْوَارِثِ؛ أَتَتْهُ بِأَكْلِهَا"

Dari sahabat Jabir ra. menyampaikan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda : "Barang siapa yang menanam pada hari Rabu, lalu ia mengucapkan: Subhanal ba'itsi al-waritsi (Maha Suci Allah yang Menghidupkan dan Mewarisi); maka tanaman tersebut akan menghasilkan buahnya (memberikan hasilnya)."

Hadis ini menunjukkan dua hal : 
Pertama, menunjukkan bahwa hari Rabu bukan hari sial sebagaimana keyakinan beberapa kalangan di masa itu. 
Kedua, pentingnya mengingat Allah saat melakukan aktivitas seperti menanam, dan doa tersebut diharapkan membawa keberkahan dalam hasil tanaman. doanya adalah : سُبْحَانَ الْبَاعِثِ الْوَارِثِ bisa ditambahkan bismillah diawalnya. 

Demikian semoga bermanfaat !


========================================

ARTIKEL : ( Doa Untuk Memulai Aktifitas Menanam (Nandur Nandur) ) ditulis oleh admin/kontributor  Blog Nandur-Nandur, berdasarkan pengalaman pribadi dan dengan memperhatikan referensi berikut ini  : 
  • Kitab Kanzun Najah
This Blog/Web Site is made for educational purposes only as well as to give you general information. All materials are properties of their respective owners If you own the copyright to this file/image and you do not wish it be included on our website, please contact us and we will remove it as soon as 







Doa Untuk Memulai Aktifitas Menanam (Nandur Nandur) 4.5 5 subhan Friday, September 20, 2024 Jangan lupa berdo'a sebelum menanam ! Berdoa sebelum menanam bisa dianggap penting tergantung pada keyakinan dan pandangan spiritual ses...


No comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Trending

Pages

Blog Indonesia