Begini Cara Saya Memanfaatkan Anakan Pohon Pepaya

 on Saturday, October 1, 2016  



Salam dari kebun

Setelah makan buah pepaya, bijinya dibuang kemana..?  Saya memiliki cara untuk memanfaat biji biji buah pepaya ini. Maksud saya bukan bijinya yang saya manfaatkan. Tetapi anakan pohon pepaya yang nantinya akan tumbuh dari biji biji tersebut.

Buah pepaya dikenal memiliki banyak biji. Dalam satu buah pepaya, bisa jadi mengandung ratusan biji-biji. Biasanya, biji biji pepaya tersebut dibuang begitu saja ditempat sampah. Bila akhirnya dia jatuh ke halaman rumah dan tumbuh, biasanya akan langsug dicabut dan dibuang karena dianggap sebagai gulma atau sebagai tanaman liar.

Padahal pohon pepaya, baik yang masih anakan maupun yang sudah dewasa, mengandung semacam zat yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tanaman. Zat ini bisa menjadi pestisida alami yang murah meriah dan aman. Bila anda memiliki sepetak kecil tanah yang ditumbuhi anakan pepaya, maka anda memiliki sumber pestisida alami yang tidak habis habis (tentu tergantung penggunaan)

Saya tiap kali habis memakan buah pepaya, biji-bijinya tidak saya buang. Biji biji itu akan saya taburkan secara merata di atas bedengan yang sudah saya siapkan dikebun. Kurang lebih hanya berukuran 1 x 2 meter.  Dalam waktu yang tidak lama, biji biji itu akan merekah dan menumbuhkan pohon pohon pepaya kecil. Nah anakan pohon inilah yang saya manfaatkan.  saya gunakan pohon-pohon itu sebagai bahan alami untuk merawat pohon-pohon saya yang lain. Saya memiliki banyak tanaman yang harus saya rawat agar terhindar dari penyakit. Daun daun dan batang pepaya dikenal memiliki bahan aktif papain untuk melawan kutu kutu pada cabe.

Cara saya merawat tanaman sayuran dengan anakan pepaya antara lain :

  • ambil tembakau yang ada di dalam rokok 
  • ambil beberapa anakan pepaya, lalu remas remas sampai hancur. Gunakan sarung tangan.
  • rendam tembakau dan remasan pohon pepaya tadi selama sehari semalam. 
  • saring kemudian disemprotkan ke tanaman. Saya lakukan ini 3 hari sekali. 
  • Jangan merendam air tembakau dan pepaya lewat 2 hari karena baunya menjadi sangat tidak enak. 
Bila ada anakan pepaya yang tumbuh sehat, saya ambil dengan hati-hati kemudian saya pindahkan ke lokasi lain. Sementara yang ada dibedengan tetap saya biarkan bergerombol.  Bila anakan itu menjadi agak besar sedikit, ambil daun daunnya untuk disayur buntil

Demikianlah cara memanfaatkan biji biji pepaya (anakan pohon pepaya) mudah mudahan bermanfaat.


Begini Cara Saya Memanfaatkan Anakan Pohon Pepaya 4.5 5 subhan Saturday, October 1, 2016 Salam dari kebun Setelah makan buah pepaya, bijinya dibuang kemana..?  Saya memiliki cara untuk memanfaat biji biji buah pepaya ini. ...


No comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Trending

Pages

Blog Indonesia