Ini Dia Cabe Cabe Terpedas

 on Saturday, September 10, 2016  

Ini dia daftar cabe cabe terpedas terbaru. 

Ini dia beberapa cabe yang memiliki kepedasan paling gila. Kebanyakan merupakan turunan dan hasil kawin silang dari cabe cabe terpedas yang sudah ada. Rangking kepedasan cabe ini diukur dengan skala yang dibuat oleh Wilbur Scoville yang disebut SHU (Scoville Heat Unit), dan secara berkala diperbaharui. Sebelumnya Moruga Scorpion adalah juara satu. Tapi tahun tahun belakangan ini dipegang oleh Carolina Reaper. Guiness World Records mencatat Carolina Reaper sebagai cabe terpedas sejak tahun 2013.

Berikut ini adalah cabe cabe pedas yang memiliki skala ratusan ribu sampai jutaan  SHU. Saya kutip dari situs penjual cabe www.crazyhotseeds.com dan situs cabe-cabean www.cayennediane.com


1. Carolina Reaper  2,200,000 SHU

The Carolina Reaper secara tesmi dinobatkan sebagai cabe terpedas di dunia oleh Guinness Records. Kepedasannya jauh dari batas normal, berkisar antara 1.5 juta sampai 2.2 juta. Bagi yang pernah mencicipinya, rasanya seperti " memakan lava yang sedang meleleh". Cabe ini selain pedas, juga memiliki aroma sedap. Penemunya adalah Ed Currie dari PuckerButt Pepper Company. Ia merupakan hasil kawin silang antara cabe Red Habanero dan Pakastani Naga.




2. Trinidad Moruga Scorpion  2,009,231 SHU

Disebut sebut sebagai cabe yang dipanen langsung dari neraka.Trinidad Scorpion Moruga Blend, alias Moruga Scorpion, adalah tumbuhan asli tanah Moruga di Trinidad. Kepedasannya sangat mengerikan karena sekali kamu gigit, rasa pedasnya akan terus naik. Menelan cabe ini akan membuat kerongkongan dan perut terasa terbakar hebat.



3. Trinidad Douglah (Pot Douglah)  1,853,936 SHU

Cabe ini sangat pedas dan tergolong langka. Ciri khas cabe ini adalah warnanya yang gelap kecoklatan ketika sudah matang. Ada beberapa jenis turunan dari cabe ini yang memiliki warna berbeda beda. 






4. Pot Primo  1,473,480 SHU


Hasil rekayasa dari seorang hortikultularis dari Lousiana bernama Troy Primeaux. Ia melakukan kawin silang dua jenis cabe Naga Morich dan Trinidad 7 Pot. Hasil kawin silang ini kemudian menghasilkan cabe jenis baru yang permanen setelah diturunkan sebanyak 8 generasi. Cabe ini memiliki ciri khas adanya sedikit ekor dikepalanya, dan memiliki aroma dan rasa buah. Tapi jangan tertipu oleh rasa buahnya. Pot Primo memiliki rasa pedas level neraka...

7 Pot Primo Photo Credit:
Primo Primeaux


5. Trinidad Scorpion (Butch T Pepper)  1,041,427 SHU

Pernah menyandang predikat sebagai cabe terpedas menurut Guiness Record pada tahun 2011, sebelum diambil alih oleh Trinidad Moruga Scorpion pada tahun 2012. Cabe scorpion memiliki ciri ekor kalajengking di ujung buahnya. Sedangkan Butch T adalah nama orang yang mengembang biakkannya yaitu Butch Taylor dari Perusahaan pembuat saos Zydeco Hot.





6.   Komodo Dragon  1,400,000 SHU

Namanya cukup mengesankan. Komodo Dragon dikembangkan oleh Salvatore Genovese di Blunham Bedfordshire Inggris. Salvatore memang dikenal sebagai produsen cabe terbesar di Inggris, yang mampu menyediakan 500.000 cabe per-pekan. Sebelumnya, pada tahun 2012 orang ini juga memperkenalkan cabe Super Naga yang juga super pedas.

Komodo Dragon ini memiliki efek pedas yang lambat diawal kita memakannya. 10 detik pertama, cabe ini hanya menyuguhkan rasa buah buahan, dengan sedikit rasa pedas. Pelan pelan, kepedasannya menggila dan membuat seisi mulut terasa terbakar hebat.

Salvatore Genovese dan cabe Komodo Dragon
Cabe iblis ini dijual secara eksklusif oleh perusahaan bumbu Tesco, dengan disertai peringatan yang cukup mengerikan dikemasannya. Dilarang memakan cabe ini utuh utuh, jangan menyentuhnya tanpa sarung tangan, hindari kontak dengan mata, cuci tangan segera setelah memegangnya. Begitu tertulis dikemasannya.


7.   Bhut Jolokia (Ghost Pepper)  1,041,427 SHU

Sering juga disebut Naga Jolokia. Nama naga tidak ada kaitannya dengan hewan mitologi berbentuk ular yang bisa menyemburkan api. Cabe ini berasal dari India dan Bangladesh terutama daerah Nagaland dan Assam dn merupakan tanaman asli, bukan hasil rekayasa para petani sebagaimana cabe cabe kita sebelumnya.  Kata "Bhut" dalam bahasa mereka berarti "hantu". Maka cabe ini juga disebut cabe hantu (Gost Pepper).


Bhut Jolokia telah dikenal sejak beberapa abad lalu. Dan mulai dikenal didunia barat pada tahun 2000an. Cabe ini pernah mendapat sertifikat dari The Guinness Book of World Records sebagai cabe terpedas pada tahun 2007.
Rasa pertama yang akan muncul ketika mencicipi cabe ini adalah rasa manis. Kemudian perlahan lahan naik. Rasa pedasnya belum begitu "nonjok" di 30-45 detik pertama. Setelah itu, anda harus bersiap  siap terbakar. Anda akan berkeringat, mengeluarkan air mata, dan tersengal sengal selama 15 menit berikutnya.

Bhut Jolokia Dan Naga Morich

Ada satu kerabat dekat dari Bhut Jolokia yaitu Naga Morich. Sama sama berasal dari India dan Bangladesh, dan sama sama memiliki kepedasan yang ekstrim. Kedua cabe ini agak susah dibedakan. Bahkan telah lama para peneliti berdebat, apakah Bhut Jolokia dan Naga Morich dua jenis cabe yang berbeda, ataukah jenis cabe yang sama. Konklusi dari perdebatan itu, lebih banyak mengarah pada kesamaan jenis dari dua cabe itu (dan cabe cabe lain yang bernama naga). 

Naga Morich

Itulah beberapa cabe terpedas, paling tidak untuk saat ini. Karena para hortikultur terus terobsesi untuk menemukan cabe super pedas, dengan pengetahuan tekhnologi pertanian yang mereka miliki. Entah kenapa mereka terus menerus mengeluarkan cabe cabe terpedas. Bagi saya, rasa pedas itu cukup sekedar menambah kenikmatan makanan dan menyegarkan badan. Kalo sampe tersiksa, apalagi berakhir di rumah sakit, mungkin harus jauh jauh dari cabe ini.

Sumber :
-  wikipedia

- Cayenne Diane.com


Ini Dia Cabe Cabe Terpedas 4.5 5 subhan Saturday, September 10, 2016 Ini dia daftar cabe cabe terpedas terbaru.  Ini dia beberapa cabe yang memiliki kepedasan paling gila. Kebanyakan merupakan turunan dan...


No comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Trending

Pages

Blog Indonesia