Kentang Berbuah Tomat : Tanam Kentang Dengan Saosnya Sekalian

 on Saturday, September 17, 2016  

Tomtato, pohon kentang berbuah tomat.

Perusahaan Benih Thomas & Morgan membuat sebuah tagline yang cukup menarik : Mau kentang goreng dengan bahan saosnya sekalian..?. Mereka memang sedang menawarkan produk mereka, tanaman kentang berbuah tomat. Pohon ini adalah hasil penelitian tanaman yang dilakukan sejak 2013. Ini adalah inovasi dibidang perkebunan yang dilakukan oleh Perusahaan Benih Dan Tanaman Thomas & Morgan. Mereka berhasil melakukan penyambungan antara dua jenis pohon yang masih satu keluarga solanaceae yaitu tanaman kentang dan tanaman tomat. Tanaman super ini mereka beri nama TomTato® (Ketchup 'n' Fries™).

Sebelumnya blog ini telah menulis sebuah produk terbaru Thomas & Morgan yang lain, yaitu 'eeg and chip' sebuah tanaman kentang berbuah terong, sebagai hasil penyambungan dari dua tanaman yang masih keluarga solanaceae.

Ide menciptakan tanaman kentang yang berbuah tomat, sebenarnya sudah difikirkan sejak dahulu, dan telah dicoba oleh beberapa prakitisi perkebunan, Ada yang berhasil, ada yang tidak. Hanya saja, Thomas & Morgan adalah pemegang paten resmi untuk tumbuhan tomat dan kentang ini. Mereka mengklaim, bahwa tomat jenis cherry diatasnya akan berbuah tidak kurang dari 500 buah, dengan rasa lebih manis dari tomat tomat disupermarket. Kemudian dibawahnya, akan menghasilkan 2 kg kentang yang bisa diolah sesukanya. Mau direbus, digoreng terserah.

Berikut ini pohon pohonnya :





Dalam dunia tanaman, pohon hasil rekayasa ini disebut Pomato. Usaha usaha rekayasa ini sebenarnya sudah terfikirkan sejak lama. Tahun 1977 Max Panck Institute for Developmental Biology di Tubingen Jerman telah mencoba menggabungkan tanaman tomat dan kentang. namun pohon ini, meskipun sehat, tetapi tidak menghasilkan kentang maupun tomat. Setelah itu ide menggabungkan kentang dan tomat lebih dianggap sebagai sebuah guyonan daripada kenyataan, sampai akhirnya Thomas & Morgan memproduksinya. Hanya saja, tanaman ini tidak bisa ditumbuhkan dari biji bijinya. Bila biji tomatnya ditanam, ia akan tumbuh tomat, tanpa kentang.

Demikian artikel mengenai tomat kentang ini, mudah mudahan cukup menginspirasi anda.
Kentang Berbuah Tomat : Tanam Kentang Dengan Saosnya Sekalian 4.5 5 subhan Saturday, September 17, 2016 Tomtato, pohon kentang berbuah tomat. Perusahaan Benih Thomas & Morgan membuat sebuah tagline yang cukup menarik : Mau kentang goreng...


1 comment:

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Trending

Pages

Blog Indonesia