Tanaman Zodia Digadang Mengusir Nyamuk, Malah Mengundang Makhluk Ini

 on Sunday, October 29, 2023  

zodia

Tanaman Zodia (Evodia suaveolens), adalah tanaman yang memiliki bau khas menyengat. Dari baunya inilah ia mudah dikenali. Dan dari baunya ini juga, masyarakat memanfaatkannya sebagai obat nyamuk. 

Ia termasuk tanaman endemik Indonesia. Secara ilmiyah, Zodia merupakan tumbuhan perdu dari famili Rutaceae, kelas Magnoliopsida, dan ordo Sapindales.

Bau yang dihasilkannya, tidak harum juga. Tapi dibilang berbau tidak enak, nggak juga. Bau menyengat itu muncul bila ia terkena angin. Atau kita goyang goyangkan dahannya. Kamu juga bisa mengambil daunnya dan diletakkan di kamar. Maka kamarmu memiliki aroma khas tanaman zodia.

Meletakkan Tanaman Zodia Bisa Mengusir Nyamuk ?

Masyarakan biasanya meletakkan tanaman zodia ini di depan pintu. Atau pohon ini ditanam mengelilingi rumah. Diharapkan nyamuk akan terusir dengan aromanya. 

Saya juga seperti itu. Saya punya banyak tanaman zodia di sekeliling rumah. Yang didekat pintu malah tumbuh lebat dan tinggi. 

Cara mengusir nyamuk seperti ini Ini sudah menjadi pandangan umum. Namun, sejauh ini saya belum merasakan efektifitasnya sebagai penolak nyamuk. Karena rumah saya tetap banyak nyamuk setiap harinya. Artinya nyamuk ga takut tanaman zodia. 

Dikerubungi Lalat

Digadang mengusir nyamuk, tanaman Zodia malah mengundang makhluk lain yang lebih meresahkan. Ia berkumpul di tanaman zodia ketika mulai berbunga...

Makhluk itu adalah lalat hijau atau lalat gentong. Lalat yang biasanya bertelur di makanan kita. Aroma dari bunga pohon Zodia rupanya menarik lalat gentong untuk berkumpul. Jumlahnya bisa sangat banyak. Ini hanya terjadi ketika pohon Zodia berbunga. 

Lalat lalat itu diam di sela sela bunga pohon Zodia. Ketika pohonnya di goyang, maka ratusan lalat muncul berterbangan. 









Zodia Mesti Di Ekstrak, bukan diletakkan begitu saja. 

Berdasarkan beberapa jurnal, Zodia memiliki kandungan yang bisa mengusir nyamuk. Menurut Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), daun tanaman zodia mengandung linalool sebanyak46% dan alfa-pinena sebanyak 13, 26%. Linalool (3, 7-dimetil-1,6-oktadien-3-ol) adalah zat racun kontak yang meningkatkan aktivitas saraf sensorik pada serangga, lebih lanjutnya dapat menyebabkan stimulasi saraf motor sehingga menyebabkan kejang dan kelumpuhan pada beberapa jenis serangga.

Dengan demikian, menurut saya, pemanfaatan pohon Zodia untuk menjadi pengusir nyamuk yang efektif, adalah dengan mengekstrak kandungannya, untuk selanjutnya di buat menjadi obat nyamuk oles atau produk lainnya. Kalo cuman ditaro diteras, sepertinya nyamuk tetap datang. Bukan cuma nyamuk, lalat gentong juga berdatangan. 


(Tanaman Zodia Digadang Mengusir Nyamuk, Malah Mengundang Makhluk Ini ) originally posted by Admin Nandur Nandur. Artikel ini ditulis dengan merujuk sumber sember tertera dibawah ini. 
  • Dokumentasi Pribadi
 If you own the copyright to the files/images in this site and you do not wish it be included on our website, please contact us and we will remove it as soon as possible.
Tanaman Zodia Digadang Mengusir Nyamuk, Malah Mengundang Makhluk Ini 4.5 5 subhan Sunday, October 29, 2023 Tanaman Zodia  (Evodia suaveolens), adalah tanaman yang memiliki bau khas menyengat. Dari baunya inilah ia mudah dikenali. Dan dari baunya i...


No comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Trending

Pages

Blog Indonesia