Menyiram Tanaman Dari Atas Atau Dari Bawah

 on Friday, November 10, 2023  


Ada dua cara yang umum digunakan dalam menyiram tanaman dalam pot. Menyiram dari atas dan menyiram dari bawah. Perdebatan mengenai mana yang terbaik dari dua cara tersebut, telah dilakukan sejak lama. 

Sebuah short video (video singkat) mampir di beranda saya. Video itu dari Tanduria, yang rajin mengajak bercocok tanam secara organik dan meninggalkan pupuk kimia. Dalam satu videonya ini, mereka membagikan benefit menyiram tanaman dari bawah. Tentu ini hanya berlaku bagi tanaman yang ada didalam pot atau polibag.

Menurut mereka, kekurangan menyiram dari atas adalah air cepat menguap dan menyebabkan hanya permukaan saja yang basah. Sedangkan bagian bawah masih kering. Sedangkan bila menyiram dari bawah, dengan meletakkan air diatas tatakan pot, hasilnya lebih maksimal dan tanaman bergembira. 

Hanya saja, dalam video tersebut tidak dijelaskan kemungkinan resiko over watering (kelebihan air) yang menyebabkan akar terendam kemudian membusuk. 

Tekhnik Penyiraman : Atas Atau Bawah


Berikut ini disampaikan beberapa kelebihan dan kekurangan dua tekhnik penyiraman atas atau bawah : 

1.  Penyiraman Atas
Maksudnya adalah menuangkan air dari atas permukaan media tanam. Penyiraman ini dengan cara menyemprot, mengguyur atau kocor. 

Kelebihannya antara lain : 
  • Bila dengan cara menyemprot, tanaman akan menikmatinya, sebagaimana mereka menikmati hujan. Disamping itu, hama hama kutu dan ulat akan terjatuh oleh air.
  • Dengan cara guyur atau kocor, bunga dan buah aman dari kerontokan. 
  • Air yang dikocor, akan masuk kedalam tanah kemudian keluar melalui lubang pot bila media tanamnya porous. Sehingga media tanam tidak terlalu basah dan membuat akar busuk
Kekurangannya antara lain :
  • Air keburu menguap dan tidak menyentuh bagian bawah sehingga tanaman mati kering seperti yang di sampaikan Tanduria
  • Air yang tertinggal di dedaunan akan mengakibatkan daun berbintik. Bahkan apabila penyemprotan dilakukan disaat panas terik, daun daun akan terbakar. Karena titik titik genangan air akan memusatkan cahaya matahari seperti loop (kaca pembesar)
  • Air seringkali terbuang sia sia
  • Bunga dan buah rontok bila penyiraman dilakukan dengan menyemprot.  
  • Bila tanah terlalu kering, biasanya menyebabkan rongga rongga yang menyebabkan air lewat begitu saja
2.  Penyiraman Bawah
Maksudnya adalah pemberian air melalui bawah, dengan meletakkan tatakan atau penampungan air dibawah polibag atau pot. Air akan diserap oleh media tanam menuju akar. 



Kelebihannya antara lain : 
  • Air dan nutrisi yang diberikan, langsung diserap menuju akar
  • Keindahan dan kebersihan terjaga. Karena tidak ada air dan tanah yang menyiprat kemana mana. Pot tanaman dan tatakannya bisa langsung diletakkan diatas meja sebagai hiasan, tanpa khawatir kotor mejanya.
  • Hemat air
Kekurangannya antara lain :
  • Bila pemberian air terlalu banyak, media tanam akan terlalu basah. ini sangat berbahaya bagi beberapa tanaman. Akar akan membusuk karena tanah terlalu basah. 

ARTIKEL : ( Menyiram Tanaman Dari Atas Atau Dari Bawah ) ditulis oleh admin/kontributor  Blog Nandur-Nandur, berdasarkan pengalaman pribadi dan dengan memperhatikan referensi berikut ini  : 
This Blog/Web Site is made for educational purposes only as well as to give you general information. All materials are properties of their respective owners If you own the copyright to this file/image and you do not wish it be included on our website, please contact us and we will remove it as soon as 
Menyiram Tanaman Dari Atas Atau Dari Bawah 4.5 5 subhan Friday, November 10, 2023 https://www.tallahasseemagazine.com/ Ada dua cara yang umum digunakan dalam menyiram tanaman dalam pot. Menyiram dari atas dan menyiram dari...


No comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Trending

Pages

Blog Indonesia