Cara Terbaik Memanfaatkan Kulit Telur Untuk Tanaman

 on Thursday, February 25, 2016  

kulit telur

Cangkang Telur atau kulit telur, biasanya kita buang begitu saja ditempat sampah karena kita tidak tahu manfaatnya. Bagi anda yang suka berkebun, mulai sekarang jangan lagi membuang cangkang telur, karena ia sangat bermanfaat bagi kebunmu. Cangkang telur bisa menjadi pupuk alami gratis, yang bisa anda dapatkan sebanyak berapapun yang anda mau.

Kandungan Cangkang Telur


Kandungan utama cangkang telur adalah kalsium karbonat. Cangkang telur mengandung 90% kalsium karbonat yang merupakan unsur hara penting yang dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh sehat. Jeff Gillman seorang pakar nutrisi tanaman pengarang buku The Truth About Garden Remedies melakukan sebuah test sederhana. Ia merendam cangkang telur dalam air selama 24 jam, lalu airnya ia kirim ke laboratorium. Hasilnya, air rendaman cangkang telur itu mengandung 4mg kalsium dan potassium. Termasuk didalamnya phosphorus, magnesium dan sodium dalam jumlah kecil.


Fungsi kalsium pada tanaman adalah menguatkan tanaman, mengeraskan kayu, merangsang pertumbuhan akar, mempertebal dinding sel dan pembentukan biji. Tanaman yang kurang kalsium terlihat pada tanaman tumbuh kerdil, gugurnya bunga secara prematur, buah gagal terbentuk dan bijinya kosong, mudah diserang hama seperti lalat buah karena dinding sel tipis, dan busuk pucuk buah (blossom end rot) pada tomat misalnya.

Cara Memanfaatkan Cangkang Telur


1.  Buat teh cangkang telur.

Ini resep dari Gillman. Rebuslah air satu galon, kemudian letakkan 10 butir cangkang telur. Cangkang telur harus sudah dibersihkan dan dikeringkan sebelumnya. Biarkan rendaman cangkang itu semalaman kemudian saring dan kocorkan langsung ketanah. Teh Cangkang ini solusi jangka pendek untuk mengatasi kekurangan kalsium dan potassium. Lakukan ini seminggu sekali. Untuk hasil rendaman lebih kuat, bisa ditambahkan cangkangnya sampai 20 butir pergalon. Untuk kebutuhan yang lebih sedikit, perkirakan sendiri saja takaran air dan cangkangnya. 


2.  Remasan Cangkang Untuk Melawan Keong

slug
Slug, adalah hama pada tanaman muda

Siput, keong dan slug (siput tak bercangkang) adalah hama tanaman yang sering menyantap tanaman tanaman muda. Seringkali benih yang baru dipindahkan ketanah habis dimakan oleh mereka. Cangkang telur yang diremas kasar adalah pertahanan yang baik untuk melawan siput. Badan mereka yang lunak, tidak akan bisa melewati remasan kulit telur yang tajam. Taburkan remasan kulit telur disekeliling tanaman muda agar tidak diserang siput 

remahan cangkang telur



3.  Remasan cangkang untuk pengisi pot.

Ini adalah solusi penyediaan kalsium dan potassium untuk jangka panjang. Remaslah cangkang telur dan letakkan didasar pot atau campur dengan media tanam. Cangkang itu pelan pelan akan hancur dan menjadi nutrisi tanaman dalam jangka panjang.


4.  Bubuk cangkang telur

kulit telur blender
diblender

eggshell fertilizer
Campur bersama bahan organik untuk dikompos

Cangkang telur dapat diblender atau ditumbuk sampai halus kemudian disimpan (dijadikan stok). Penggunaannya : 
  • bisa ditaburkan disekeliling tanaman,  
  • bisa dicampurkan dengan media tanam, 
  • bisa juga ditaburkan dalam komposter sebagai salah satu bahan organik yang akan dikomposkan. Kompos yang sudah matang, akan kaya kalsium berkat bubuk cangkang itu.

Menurut Gillman, dosisnya adalah kira kira 5 cangkang pertanaman. Pemberiannya setahun sekali.

Catatan Penting !!

  1. Sebelum digunakan, telur mesti dibersihkan dari sisa sisa protein telur. Hal ini untuk menghindari bau busuk (saya jamin, baunya sangat menjijikkan bila terlanjur busuk), juga untuk menghindari berkembang biaknya salmonella yang berbahaya. Setelah dicuci, keringkan dengan cara diangin angin atau dijemur.
  2. Jangan terlalu sering meletakkan cangkang telur kedalam tanah, karena dapat mereduksi pH tanah. Cukup setahun sekali dalam bentuk padat, dan seminggu sekali dalam bentuk cair.
  3. Untuk mendapatkan cangkang dalam jumlah banyak, datangi saja tukang martabak atau tukang indomi. Mereka punya banyak dan bakalan dibuang. Kalau tidak, sediakan tempat khusus dirumah, dan beritahu keluargamu, agar membuang cangkang telur ditempat itu. Segera cuci dan keringkan. Simpanlah stok dalam bentuk bubuk.


    pupuk cangkang telur
    Cangkang Telur, minta gratis dari tukang martabak
Demikian artikel mengenai pemanfaatan cangkang telur untuk berkebun mudah mudahan bermanfaat.


Sumber :
- Beberapa artikel dari sfgate.com
Cara Terbaik Memanfaatkan Kulit Telur Untuk Tanaman 4.5 5 subhan Thursday, February 25, 2016 Cangkang Telur atau kulit telur, biasanya kita buang begitu saja ditempat sampah karena kita tidak tahu manfaatnya. Bagi anda yang suka...


11 comments:

  1. Kalau dalam skala kecil(pot) takarannya berapa ya

    ReplyDelete
  2. share yang benar2 bermanfaat. makasih

    ReplyDelete
  3. Bermanfaat dan akan sy lakukan.

    ReplyDelete
  4. Apa bubuk/tepung cangkang telur bisa menggantikan dolomit dalam skala kecil sebagai pekebun rumah tangga?mohon infonya,, terimakasih🙏

    ReplyDelete
  5. Apa bubuk/tepung cangkang telur bisa menggantikan dolomit dalam skala kecil sebagai pekebun rumah tangga?mohon infonya,, terimakasih🙏

    ReplyDelete
  6. Terima kasih infonya..sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  7. ........bagus sangat memberikan inspirasi yang bagus bagi kalangan muda ini bagus sekali dan dapat di berikan apresiasi terimakasih atas ilmunya ..........

    ReplyDelete

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Trending

Pages

Blog Indonesia