Sampah Dapur Berikan Ke Cacing Saja

 on Saturday, March 5, 2016  

Konsep zero waste telah menarik minat saya sejak beberapa tahun yang lalu. Artikel artikel bermanfaat mengenai 'bagaimana membuat sampah rumah tangga menjadi sesuatu yang berguna' banyak saya dapatkan dari blog pak Shobirin. Tidak sebatas dibaca saja, tetapi langsung dipraktekkan. Dan saya bangga menjadi bagian dari gerakan bebas sampah ini.
Sampah sampah organik saya masukkan dalam tong khusus yang sudah saya beri banyak lubang di dasarnya agar suatu saat bisa menjadi kompos yang berguna. Dan kompos itupun akhirnya bisa saya dapatkan. Setelah kurang lebih setahun, tong sampah itu akhirnya saya tumpahkan isinya. Bagian dasar berwarna hitam dengan tekstur halus. Sedangkan bagian atas masih berbentuk bahan organik yang belum hancur. Hanya saja bentuk dan baunya tidak menyenangkan. Bentuknya becek dan bau busuknya menempel di tangan sangat sulit hilang meskipun sudah dicuci berkali kali. Kalau kesuburannya tentu tidak ada masalah karena tanaman saya tumbuh sehat.
Pada penggunaan kedua, tong sampah itu saya isi cacing. Dasar tong saya beri koran basah dan cacahan gedebong pisang. Lalu saya beri cacing, kemudian saya beri dedaunan dan sampah. Cara ini ternyata memberikan hasil lebih baik. Hasil kompos tidak bau busuk dan pengomposan menjadi lebih cepat. Cacing yang saya kira musnah ternyata jumlahnya malah bertambah banyak.

Menyadari hal itu, saya membuat titik kesimpulan yang mungkin benar. Bahwa kita harus meniru alam. Pohon pohon mengambil nutrisi dari dalam tanah. Kemudian nutrisi itu dikembalikan lagi ke tanah dengan cara menggugurkan dedaunan, yang kemudian hancur menjadi tanah subur. Pohon pohon tidak pernah menumpuk sampah organik untuk menjaga persediaan nutrisinya. Itu adalah tugas cacing cacing. Mereka memang diciptakan untuk mengatasi sampah.

Jadi, bila anda ingin mendapatkan tanah kompos halus berwarna hitam yang sangat subur, tirulah bagaimana pepohonan melakukannya. Tumpuklah dedaunan dan sisa sisa pohon sampai mereka terdegradasi menjadi kompos.

Bila hendak membuat tanah subur dari sisa sisa sampah rumah tangga, berikan saja sampah itu pada cacing. Mereka akan melakukannya dengan senang hati. Dengan demikian tujuan zero waste untuk mengatasi sampah dapat dilakukan dengam lebih tepat.

Demikianlah mudah mudahan bermanfaat.

Sampah Dapur Berikan Ke Cacing Saja 4.5 5 subhan Saturday, March 5, 2016 Konsep zero waste telah menarik minat saya sejak beberapa tahun yang lalu. Artikel artikel bermanfaat mengenai 'bagaimana membuat sampah...


1 comment:

  1. Utk sampah dapurnya, semua sampah dapur ya pak?? Berarti jeroan2 ayam, beserta ikan bisa... bagaimana dengan santan pak apakah bisa di jadikan pupuk menggunakan metode ini???

    ReplyDelete

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Trending

Pages

Blog Indonesia