Cara Menanam Lemon Dan Pare Dari Biji

 on Friday, February 12, 2016  

Berikut ini cara menanam Lemon dan Pare dengan cara sederhana dan insya Allah hasilnya 90% berhasil. Cara ini sebenarnya sudah diajarkan sejak SD. Saya juga menemukan video serupa di youtube (scroll ke bawah untuk melihatnya)

Sebenarnya tujuan saya hanya menanam Pare. Sedangkan biji lemon saya ikutkan saja karena kebetulan istri saya membeli lemon impor dengan harga mahal. Sayang sayang kalo bijinya dibuang. Pohon Pare termasuk pohon yang sulit di tumbuhkan dari biji dengan cara ditebar begitu saja. Dari pengalaman yang sudah sudah, dari sekian banyak biji pare yang saya tebar, paling hanya beberapa yang tumbuh. Saya tebar 7 biji, yang tumbuh hanya 2 pohon. Saya tebar lagi agak banyak, yang tumbuh hanya 1 malah.  

Tapi dengan cara yang saya lakukan berikut ini, semua biji pare tumbuh bagus. Biji lemon yang saya ikutkan, juga tumbuh semuanya dengan baik. 

Pertama tama, kupas dulu kulit luar biji bijinya. Rupanya kulit cangkang ini yang menghambat tumbuhnya tunas, bila tunasnya tidak cukup kuat.

Kedua, siapkan tisu yang sudah dibasahi. Cara membasahinya, semprot dengan spray supaya tidak hancur. 

Ketiga, letakkan biji biji yang sudah dikupas diatas tisu, kemudian lipat tisunya. Simpan tisu basah itu kedalam wadah plastik kemudian tutuplah. Atau masukkan kedalam plastik biasa, kemudian ikat dengan karet.

Keempat, periksalah 3 hari sekali. Menurut pengalaman saya, biji lemon sudah mengeluarkan akar dalam waktu 10 hari. Sedangkan biji Pare lebih cepat dari itu. Sayangnya saya tidak mencatat berapa hari biji parenya bertunas. Mungkin 5 hari. 

Kelima, pindahkan tunas tersebut kedalam pot kecil yang sudah diberi media tanam halus. Biji biji yag sudah berakar tadi, tidak usah dicabut dari tisu. Tanam saja bersama tisunya. Bila hendak dipisah pisah, cukup disobek saja tisunya.

Video (berbahasa Inggris) : Cara Menanam Lemon Dari Biji



Cara Menanam Lemon Dan Pare Dari Biji 4.5 5 subhan Friday, February 12, 2016 Pare, Lemon, Bittermelon, Cara Menanam biji Berikut ini cara menanam Lemon dan Pare dengan cara sederhana dan insya Allah hasilnya 90% berhasil. Cara ini sebenarnya sudah diajarkan se...


2 comments:

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Trending

Pages

Blog Indonesia