Cara Pintar Menanam Benih : Gunakanlah Karton Telur

 on Tuesday, February 23, 2016  

Menyemai benih dengan karton telur atau egg tray.
Karton telur atau egg tray dibuat dari bahan kertas atau kardus yang sudah dipress dan dicetak sedemikian rupa. Biasanya, setelah digunakan, ia dibuang sebagai sampah. Padahal karton telur ini merupakan wadah yang sangat baik untuk menyemai benih.

Penyemaian benih, bisa dilakukan dimana saja. Bisa langsung ditebar ke tanah, menggunakan polybag, dan lain lain. Setelah benih tumbuh agak besar, ia harus dipindahkan ketempat yang lebih baik agar tumbuh subur. Dalam proses pemindahan, biasanya anakan pohon itu "dicongkel " dari media tanam semula. Ada resiko, pencongkelan yang tidak hati hati akan menyebabkan akar tanaman rusak. 

Karton telur atau egg tray sebagai media semai, memiliki beberapa kelebihan antara lain :
  1. Ukuran setiap cup dalam karton telur itu sangat pas untuk ukuran benih
  2. Karton telur dapat hancur didalam tanah, sehingga ia bisa langsung dikubur didalam tanah. Dengan demikian perakaran tanaman tidak akan terganggu karena tidak perlu lagi mencongkel tanaman ketika hendak memindahkannya. 
  3. Karton telur cukup bersih, sehingga kita bisa menyemai didalam ruangan
Cara menggunakan karton telor sebagai media semai 
  1. Pilih karton yang bersih. Cari yang tidak ada bekas bekas telur pecahnya, agar tidak tercemari salmonella . Atau buang saja bagian yang kelihatan kotor.
  2. Tusuk bagian bawah cup dengan pensil sebanyak 2-3 lubang. Tujuannya, adalah untuk drainase agar air tidak menggenang didalamnya.
  3. Letakkan media tanam yang sudah diayak halus, karena benih butuh media tanam yang halus. Saya gunakan 100% kompos yang sudah diayak terlebih dahulu.
  4. Beri sedikit lubang pada media tanamnya dengan pensil, kita akan meletakkan benih dilubang itu. 
  5. Rendam benih dalam air hangat sebentar. Yang mengambang buang.
  6. Untuk memudahkan penanaman benih, sendok saja benih satu persatu bersama airnya, lalu tuangkan kedalam media tanam. 
  7. Siram dengan spray, putar ujung spray ke mode kabut agar air yang keluar halus.
  8. Ketika sudah tiba waktunya memindahkan benih, gunting saja karton telurnya, kemudian kubur kedalam tanah  
Cara Pintar Menanam Benih : Gunakanlah Karton Telur 4.5 5 subhan Tuesday, February 23, 2016 benih, semai benih, karton telur, egg tray Menyemai benih dengan karton telur atau egg tray. Karton telur atau egg tray dibuat dari bahan kertas atau kardus yang sudah dipress da...


No comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Trending

Pages

Blog Indonesia