Search This Blog

Supaya POC Gak Bau, Begini Caranya

 on Wednesday, August 28, 2024  


Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Sendiri: Harus Tahan Baunya


Pupuk Organik Cair (POC) adalah solusi ramah lingkungan untuk meningkatkan kesuburan tanah dan kesehatan tanaman. Membuat POC sendiri tidak hanya menghemat biaya, tetapi juga memungkinkan kita mengontrol kualitas bahan dan nutrisi yang diberikan pada tanaman. 

Membuat POC sendiri di rumah bisa menjadi kegiatan yang bermanfaat, namun perlu diingat bahwa proses fermentasi bahan organik dapat menghasilkan bau yang cukup menyengat. Banyak orang ragu untuk membuat POC karena khawatir akan bau yang dihasilkan selama proses fermentasi. Juga dalam pengaplikasiannya. Baunya bisa mengganggu tetangga. 

Saya sebenarnya cukup tahan dengan baunya. Tetapi orang orang rumah dan tetangga, selalu berkomentar. Setiap kali saya siram tanaman dengan POC buatan sendiri. Bau got lah. Bau tai lah...he..he..he terutama kalo ikut metode jadam. Bau semua. Maklum saya ga punya kebun untuk menanam. Hanya sebidang tanah kecil sebagai pekarangan. Dekat dengan rumah tetangga.  

Bayangkan bagaimana baunya POC kulit bawang. Bahan mentahnya saja bau. Merendam kulit bawang selama sehari dua hari, menghasilkan aroma busuk yang sangat kuat. Apalagi bila di fermentasi agak lama. Kira kira seminggu. Wahh... . Kalo abang saya suka membuat POC dari kuning telor. Baunya lebih dahsyat lagi. 

POC Saya Bau Manis Tape

Bau yang muncul saat membuat POC disebabkan oleh aktivitas mikroorganisme yang mengurai bahan organik. Semakin banyak bahan organik yang sedang proses membusuk, maka bau yang dihasilkan akan semakin kuat. 

Bila POC mu seperti itu, jangan dibuang. Coba kita olah seperti ini. Idenya berasal dari Pak Sobirin. 

Baca  : Mol Tape Pak Sobirin 

Ini caranya : 

  1. Pisahkan cairannya dari bahan organiknya. Penyebab POC bau adalah karena masih ada proses pembusukan dari bahan bahan organik. Karena itu, cukup kita ambil cairannya saja. Caranya, disaring dengan kain. Usahakan tidak ada bahan organik yang masuk dalam cairannya. 
  2. Cairan yang sudah kita saring tadi, simpan kedalam botol atau jirigen. Jangan terlalu penuh. sisakan ruangan untuk gas 
  3. Tambahkan tape singkong kedalam cairan yang sudah disaring tadi. Sedikit saja. Kira kira sebesar jempol. Saya dapatkan tape dari kue gabin tape. 
  4. Tambahkan gula pasir secukupnya. Saya tidak menakarnya. Hanya kira kira saja. Cairkan dulu gulanya dengan sedikit air, lalu tuang kedalamnya. Tetap sisakan ruang untuk gas. Kamu juga bisa pake gula merah atau molase kalo ada
  5. Tutup rapat rapat, dan cek tiap hari. Buka tutupnya sedikit untuk membuang gasnya. Kalo tidak, nanti botolnya jadi gembung. Dan bisa meledag. 
  6. Biasanya setelah dua hari, aromanya berubah manis tape. 
Cara ini sudah saya coba pada POC kulit bawang yang terkenal sangat bau, dan berhasil dengan baik. Tidak ada komplain lagi dari tetangga. Saya selalu menutup wadah POC tersebut. Karena aromanya jadi lebih manis. Kalo ikut cara Pak Sobirin, botol tidak perlu ditutup selamanya. Supaya bakterinya bisa bernafas. Cuma aromanya bisa berubah karena kontaminasi bakteri dari luar.

Yang belum saya coba adalah, apakah pemberian tape sejak awal fermentasi bahan organik akan menghasilkan POC yang harum juga ? Silahkan sampean sampean saja yang mencoba. 

Bonus : Ini gambar gabin tape, makanan kesukaan saya 

Gabin Tape



Semoga bermanfaat !

ARTIKEL : ( Supaya POC Ga Bau, Begini Cara Saya ) ditulis oleh admin/kontributor  Blog Nandur-Nandur, berdasarkan pengalaman pribadi.

This Blog/Web Site is made for educational purposes only as well as to give you general information. All materials are properties of their respective owners If you own the copyright to this file/image and you do not wish it be included on our website, please contact us and we will remove it as soon as 
Supaya POC Gak Bau, Begini Caranya 4.5 5 subhan Wednesday, August 28, 2024 Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Sendiri: Harus Tahan Baunya Pupuk Organik Cair (POC) adalah solusi ramah lingkungan untuk meningkatkan kesu...


No comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Trending

Pages

Blog Indonesia