Musim Hujan, Waktunya Berburu Cacing Tanah

 on Tuesday, December 15, 2015  


Pandangan saya terhadap cacing tanah tidak sama dengan pandangan orang lain terhadap cacing tanah. Tetangga sebelah rumah saya sibuk menyapu cacing cacing tanah yang masuk ke rumah selepas hujan. Sementara tetangga yang lain terdengar berteriak teriak jijik karena cacing tanah muncul dikamar mandinya.

Sementara saya, dengan berbekal senter sibuk memunguti cacing tanah dilapangan basket depan rumah. Malam itu selepas maghrib, hujan baru saja reda. Genangan air ada dimana mana. Saat itulah banyak cacing yang keluar dari sarangnya berkeliaran sampai masuk rumah. Malam itu saya mengumpulkan banyak sekali cacing.  

jeffreyagordon.com

Dengan hati hati saya punguti cacing cacing yang merayap diatas semen itu, kemudian saya tampung di sebuah baskom berisi tanah. Kemudian, dengan hati hati saya letakkan didalam bedengan kebun saya, diantara rimbunan tanaman cabe, dan caisim. Jumlahnya ada puluhan ekor dari jenis yang sama. Keesokan harinya, saya melihat gumpalan gumpalan 'tahi cacing' dimana mana di area bedengan kebun saya. Saya puas, karena memang itu yang saya inginkan. Saya ingin mereka 'betah' dikebun saya, dan menjalankan tugasnya membajak tanah.

Menangkap Cacing Di Alam

Musim hujan begini, biasanya cacing cacing keluar berkeliaran. Bukan karena tempat tinggal mereka kebanjiran. Sebab cacing bisa bertahan dalam genangan air. Cacing cacing berkeliaran setelah hujan karena satu alasan : suasana basah setelah hujan memudahkan mereka untuk bergerak melintasi permukaan tanah, untuk mencari tempat yang lebih nyaman (migrasi).

gettingridofthepudge.blogspot.co.id

Waktu menjelang pagi juga sangat baik untuk mencari cacing. Tapi kali ini mereka tidak berkeliaran, melainkan berada didalam tanah dekat dengan permukaan. Coba buka batu batu, atau daun daun yang ada diatas tanah. Biasanya ada gerombolan cacing disitu. Atau coba korek sedikit tanahnya dengan pancong, mereka akan ditemukan dengan mudah. 

Ada satu cara lagi yang saya gunakan untuk menangkap cacing tanpa mengorek tanah. Saya hanya menggunakan polybag yang saya isi tanah dicampur daun daun busuk. Saya letakkan kantong kantong polybag itu di tempat tempat yang diduga bercacing (banyak gumpalan gumpalan kotorannya). Saya biarkan menginap semalam, keesokan paginya tinggal dituang tanahnya, maka didalam tiap polybag sudah ada 1-3 ekor cacing. 

Cacing cacing itu merayap kedalam polybag melewati lubang lubang yang ada di dasar polybag.   Prinsipnya seperti itu. Polybag bisa diganti media lain. Pengisinya juga bisa dicoba yang lain, misalnya buah buahan busuk. Saya kumpulkan sejumlah besar daun daunan (kering dan segar), saya masukkan kedalam karung yang sebelumnya dilubangi. Saya geletakkan begitu saja di kebun. Dalam waktu kira kira sebulan, daun daunan itu sebagian telah hancur dan didalamnya banyak cacing tanah. 

Baca juga, banyak orang membeli bibit tanaman tetapi mereka tertipu karena si penjual memasang foto foto palsu. Hati hati membeli Tomat Pelangi !!
Musim Hujan, Waktunya Berburu Cacing Tanah 4.5 5 subhan Tuesday, December 15, 2015 worm, cacing tanah, menangkap cacing Pandangan saya terhadap cacing tanah tidak sama dengan pandangan orang lain terhadap cacing tanah. Tetangga sebelah rumah saya sibuk me...


No comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Trending

Pages

Blog Indonesia