Terong Super Berakar Kentang

 on Thursday, January 7, 2016  

terong berakar kentang
Terong super, dengan akar kentang


Sebuah laporan dimuat dalam dailymail.co.uk. mengenai rekayasa tanaman yang menghasilkan tanaman 'Frankenplants' : turunan super dari tanaman terong yang memproduksi baik terong dan kentang di pot yang sama. 

Tanaman ini diciptakan oleh horticulturists dengan cara okulasi tunas tanaman terong pada pokok batang tanaman kentang, yang menghasilkan buah terong dari batangnya dan kentang dari akarnya. Buah terong yang dihasilkan memiliki rasa tidak terlalu pahit dibandingkan varietas lain. Benih tanaman yang disebut 'eegs and chips' ini tersedia melalui pesanan melalui surat (mail order) dari perusahaan benih Thompson & Morgan dan ditawarkan seharga $ 14.99. 


Benih terong kentang
Egg and chips


Horticulturalists telah menghabiskan waktu bertahun-tahun dalam melakukan eksperimen okulasi dan penyambungan dua tanaman dari keluarga solanaceae ini. Akhirnya mereka sukses menghasilkan tanaman yang mereka sebut 'Egg and Chips' karena tanaman ini menumbuhkan terong dari batangnya, dan kentang dari akarnya. 

Dalam eksperimen tersebut, para ahli ber-ujicoba dengan lebih dari 20 varietas terong, sebelum memilih salah satu varietas yang dianggap terbaik untuk ukuran dan kinerja. Mereka dengan hati-hati memotong 2 inci (5 cm) batang bagian atas terong dan memotong tanaman kentang di bagian tengahnya pada sudut yang sama, sebelum menyambung mereka bersama-sama. Ternyata keduanya secara alami menyatu bersama-sama dan terus tumbuh besar dan berbuah. 


panen kentang
Kentang dipanen bersama terong


Seorang juru bicara mengatakan tanaman model seperti ini akan menghemat ruang bagi mereka yang memiliki ruang terbatas. Diharapkan juga produk seperti ini akan membangkitkan minat anak-anak dan membuat mereka tertarik pada hortikultura.

Tetapi para ahli yang menangani kelahiran tanaman super ini tidak mau mengungkapkan secara tepat, bagaimana tanaman terong dan kentang ini direkayasa, karena takut pekerjaan mereka akan disalin rival mereka.

Kedua tanaman sayuran ini bisa digabungkan karena keduanya berasal dari  keluarga tanaman yang sama, yang dikenal sebagai Solanaceae.


hasil okulasi solanaceae
Hasil persambungan terong dan kentang
Michael Perry, manajer pengembangan produk untuk Thompson & Morgan yang berbasis di suffolk, mengatakan: tanaman ini merupakan inovasi nyata. 'Berbagai terong dipilih untuk proses pencangkokan ini. semuanya adalah strain modern yang telah memiliki kepahitan tertentu.


Tanaman ini dijual dalam pot dan sudah tumbuh setinggi 3,5 inci (9 cm) dengan harga £ 14,99 per pot. dan dapat dibeli melalui mail order.

sumber :
dailymail.co.uk 

Baca juga artikel yang sangat bermanfaat mengenai 'cara membuat perangkap lalat buah'.
Terong Super Berakar Kentang 4.5 5 subhan Thursday, January 7, 2016 solanaceae, kentang, terong, okulasi, tanaman super Terong super, dengan akar kentang Sebuah laporan dimuat dalam dailymail.co.uk. mengenai rekayasa tanaman yang menghasilkan tanaman ...


No comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Trending

Pages

Blog Indonesia