Jenis Jenis Citrus Yang Menarik Untuk Ditanam Indoor

 on Saturday, December 30, 2017  


Nandur Nandur tanaman citrus (termasuk lemon lemonan dan jeruk jerukan).

Berikut ini adalah beberapa tanaman jenis tropis kelompok citrus  yang sangat menarik untuk dikoleksi seandainya benihnya tersedia. Tanaman ini, selain menghasilkan buah buahan yang nikmat menyegarkan, juga bisa dijadikan hiasan untuk ruang tamu atau kamar. Akan sangat indah, apalagi kalau sudah berbuah.

Australian Finger Lime


Australian finger lime atau Lemon Jari Australia (Citrus australasica) sering disebut dengan lemon kaviar karena pulpnya seperti kaviar (telur ikan beluga). Tanaman ini asli Australia. Tanaman ini sangat menarik untuk di pelihara, karena bentuk buah lemonnya yang memanjang seperti jari jari (finger).


Bila telah matang, cukup kamu iris kulitnya agar terbuka. Disitu akan terdapat ratusan kapsul seperti kristal atau manik manik seperti telur ikan berisi cairan jus lemon. Gigitlah manik manik itu, maka mulutmu akan dipenuhi sensasi masam segar khas lemon. Buah yang belum terlalu matang, kuat masamnya. Sedangkan yang sudah matang, lebih manis rasanya. 

Isi lemon ini biasanya dijadikan topping untuk minuman minuman koktail dan makanan makanan seafood. Ia juga dibuat sirup dengan cara direbus bersama air dan gula. Kulitnya sangat berguna sumber minyak esensial sebagaimana lazimnya tanaman lemon.

Tanaman Australian Finger Lime, mendapatkan rating A+ sebagai salah satu tanaman sangat cocok untuk hiasan. Disamping itu ia  mudah ditanam dan dirawat. Tanaman ini memiliki perakaran yang kuat, dan toleran terhadap kurangnya penyiraman.

Tanaman ini cocok untuk ditanam di Indonesia karena ia hidup di iklim tropikal dan sub tropikal. Tanamlah didalam pot berukuran 40 x 40 cm. Carilah pot yang ada kakinya, karena tanaman ini benci tanah yang terlalu basah. 
Hati Hatilah !!  Tanaman ini sangat berduri. 


*****

Sitrun Tangan Budha


Ini dia buah yang sering dijadikan simbol kebahagiaan, kemakmuran dan panjang umur. Aromanya harum seperti surga. Namanya Sitrun. Orang Arab menyebutnya Turunj. Ada beberapa jenis sitrun. Yang paling unik adalah yang akan kita bahas disini. Yaitu Sitrun Tangan Budha ( Citrus medica var. sarcodactylis ).

Bentuknya aneh seperti tangan Edward Scissorhand. Tapi aromanya sangat harum. Di beberapa negara, digunakan sebagai pengharum ruangan dan pengharum pakaian. 
Sitrun tangan Budha ini adalah pohon hias. Ia terkenal sulit hidup lama bila ditanam langsung ke tanah. Tetapi bila ditanam di kontainer yang berukuran besar, ia bisa tahan bertahun tahun. Buahnya ketika matang berwarna kuning tua.

Di Jepang, buah ini menjadi hadiah favorit saat peringatan tahun baru. Karena ia adalah simbol kebahagiaan. Ia juga menjadi simbol religius di beberapa kuil Budha. 

Buah ini nyaris tidak berdaging dan berbiji. Tapi bukan berarti tidak bisa dimanfaatkan. Orang orang memanfaatkan minyak esensial yang dihasilkannya. Karena ia punya aroma yang sangat kuat.  Sejak lama buah ini digunakan oleh orang orang China untuk mencuci pakaian. Ia memberikan aroma segar. Kita sama sama tahu manfaat sitrun untuk membersihkan pakaian. Buah ini juga bisa dijadikan campuran minuman cocktail, atau ditambahkan kedalam masakan.
Irisan irisan yang telah dikeringkan dari buah yang belum matang, digunakan sebagai obat tradisional. Terutama digunakan sebagai tonik.

*******

Jeruk Nipis (Lime)


Bagi yang hobi berkebun, tanaman ini wajib dimiliki. Apalagi penggunaannya sangat luas. Mulai dari minuman penyegar dahaga, sebagai obat, sampai digunakan untuk bumbu masak. 

Jeruk Nipis (Lat Citrus aurantifolia; Famili: Rutaceae) merupakan jenis tumbuhan yang masuk kedalam suku jeruk-jerukan, tersebar di Asia Dan Amerika Tengah. Pohon jeruk nipis dapat mencapai tinggi 3—6 meter, bercabang banyak dan berduri. Kulit buah tipis mengandung banyak minyak atsiri. Daging buah berwarna putih kehijauan, sangat asam, mengandung banyak vitamin C dan asam sitrat. 

Ada tiga jenis pohon jeruk nipis. Pertama jenis Key Lime, yang rasa asamnya sangat kuat dan berbiji banyak. Yang kedua adalah Persian Lime dengan rasa asam pertengahan. Pohonnya lebih besar dengan jumlah buah sedikit Yang ketiga adalah Palestine Lime, rasanya benar benar manis tanpa ada rasa asam.

Jeruk nipis jenis Key Lime, banyak dijual benihnya di tukang tukang tanaman buah pinggir jalan. Dan jenis jeruk nipis ini yang banyak ditanam didalam pot. 
Carilah yang penyebaran batangnya bagus. Jeruk nipis suka sinar matahari langsung, dan tanah yang gembur dan poros. Carilah pot berukuran besar, kurang lebih 15 gallon. Atau gunakan saja gallon air mineral yang sudah tidak terpakai. Tapi sebaiknya cari pot berbahan tanah liat karena mampu menyimpan air.



******



Jenis Jenis Citrus Yang Menarik Untuk Ditanam Indoor 4.5 5 subhan Saturday, December 30, 2017 lemon, citrus, jeruk Nandur Nandur tanaman citrus (termasuk lemon lemonan dan jeruk jerukan). Berikut ini adalah beberapa tanaman jenis tropis kelompok ci...


No comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Trending

Pages

Blog Indonesia